Trik atasi Mozilla Firefox tidak dapat membuka situs web tetapi browser lainnya bisa

Trik atasi Mozilla Firefox tidak dapat membuka situs web tetapi browser lainnya bisa

Firefox adalah browser tercepat yang saya temui, tapi kadang firefox server not found. Mungkin anda pernah mengalami hal serupa membuka website tertentu atau situs anda dengan browser firefox selalu tidak bisa bahkan Firefox tidak dapat mengakses situs web apapun walaupun program lainnya (IE-Internet Explorer, Opera, G Crome) masih bisa. bagaimana cara mengatasinya?? baiklah langsung saja baca trik ini..

Perangkat lunak keamanan (security software)

Perangkat keamanan Internet, termasuk di antaranya program antivirus, program antispyware, dan khususnya program firewall, dapat memblokir akses Firefox ke Internet. Permasalahan ini umum terjadi ketika Anda memutakhirkan (upgrade) Firefox ke versi yang baru. Ketika perangkat lunak keamanan memblokir Firefox, pesan kesalahan yang mungkin muncul pada Firefox adalah:
  • Tidak dapat tersambung
  • Server tidak ditemukan
Umumnya Anda dapat me-reset hak akses (permission) pada perangkat lunak keamanan Anda untuk program Firefox dan Firefox akan dapat berfungsi kembali. Untuk petunjuk khusus tentang bagaimana cara mengkonfigurasi ulang perangkat keamanan untuk program Firefox.

Catatan: Pada beberapa kasus, menonaktifkan perangkat keamanan Internet atau firewall tidak selalu menonaktifkan semua komponennya. Perangkat keamanan yang melaporkan telah dirinya telah dinonaktifkan, masih mungkin memblokir Firefox.

Panda Anti-Virus

Versi lama Panda Anti-virus dapat menyebabkan masalah sambungan. Jika Anda mengalami masalah dengan versi lama perangkat lunak ini, sebaiknya Anda memutakhirkan versi perangkat lunak tersebut, menonaktifkan perangkat lunak, atau menggantinya dengan program antivirus lainnya.

Pengaturan sambungan (connection setting)

Walaupun Firefox umumnya langsung dapat berfungsi untuk sebagian besar pengguna, beberapa pengguna lain masih harus mengkonfigurasi Firefox agar dapat mengakses Internet. Kemungkinan Firefox akan menampilkan kesalahan seperti di bawah ini jika masih belum dikonfigurasi dengan benar:
  • Server proxy menolak sambungan
  • Server tidak ditemukan
  • Tenggang waktu tersambung habis

Pastikan pengaturan sambungan Firefox sudah benar. Anda dapat membandingkan pengaturan sambungan Firefox dengan pengaturan sambungan pada program lainnya (seperti misalnya program peramban lainnya pada komputer Anda). Misalnya, jika Internet Explorer dapat berfungsi, buka jendela dialog Internet Explorer pada komputer Anda.

  1. Buka Internet Explorer.
  2. Pada menu Tools, pilih Internet Options.
  3. Klik pada tab Connections.
  4. Klik pada LAN settings.

Bandingkan dengan pengaturan sambungan pada Firefox.

  1. Pada bagian atas jendela Firefox, klik pada menu Alat dan pilih item Pengaturan….
  2. Pilih panel Canggih
  3. Klik pada tab Jaringan
  4. Klik pada tombol Pengaturan....
  5. Bandingkan pengaturan sambungan Firefox dengan pengaturan program peramban lain yang sudah berfungsi dengan baik di jendela ini.
Setelah Firefox dikonfigurasi, Anda dapat keluar dari Firefox dan membukanya lagi. Periksa apakah Firefox sudah bisa mengakses situs web.

Pengaturan sambungan tidak tersimpan

Jika Anda masih mengalami masalah yang sama, periksa lagi pengaturan sambungan Firefox. Jika Anda menemukan bahwa pengaturan yang baru saja disimpan kembali seperti sediakala, kemungkinan ada perangkat lunak yang menimpa pengaturan sambungan Anda.

Salah satu program yang melakukan penimpaan pengaturan sambungan adalah program Hide IP. Untuk menghindari dan menghapus penimpaan ini:

  1. Buka folder profil.
  2. Buka berkas dengan nama user.js untuk disunting.
    • Jika berkas user.js tidak ada, Anda tidak mempunyai pengaturan yang ditimpa, artinya Anda tidak memiliki masalah yang disebabkan oleh penimpaan ini.
  3. Hapus semua baris yang berisi tulisan "proxy".
  4. Simpan berkas.
  5. Restart Firefox dan coba lagi mengganti pengaturan sambungan Anda.

Firefox dalam mode luring (offline)

Firefox mempunyai fitur mode luring. Pada mode ini Firefox tidak akan mencoba mengakses sambungan Internet. Jika Firefox berada pada mode luring, akan keluar tampilan Mode luring ketika Anda mencoba membuka situs web. Untuk mematikan mode luring ini:
  1. Pilih menu Berkas.
  2. Jika ada tanda centang di sebelah menu Bekerja Luring, klik pada menu Bekerja Luring tersebut untuk membuang tanda centang.
    • Jika tidak ada tanda centang, artinya Firefox tidak sedang berada pada mode luring.

IPv6

Internet Protocol versi 6 (IPv6) dapat menyebabkan masalah sambungan Internet. Kemungkinan besar masalahnya terletak pada router, firewall, atau Penyedia Jasa Layanan Internet (ISP/Internet Service Provider) Anda yang akibatnya berpengaruh pada Firefox karena secara bawaan, Firefox menggunakan fitur IPv6 ini. Anda dapat menonaktifkan IPv6 untuk mengatasi masalah sambungan Anda:
  1. Pada bilah Lokasi, ketikkan about:config dan tekan Enter.
    • Halaman peringatan dari about:config berisi "Perlakuan ini dapat mengakibatkan pelanggaran terhadap garansi!" mungkin akan tampil. Klik Saya berjanji akan berhati-hati! untuk menampilkan halaman about:config."
      5c0da4e7328f72d61397f73aaefa034a-1237597682-435-1.jpg
  2. Pada daftar yang tampil, ketikkan network.dns.disableIPv6 pada kotak Filter.
  3. Temukan item network.dns.disableIPv6.
  4. Jika nilai di sebelah kanan berisi false, klik ganda pada nilai tersebut dan nilainya akan berubah menjadi true.
    • Jika nilai di sebelah kanan sudah true, artinya IPv6 sudah dinonaktifkan dan fitur IPv6 di Firefox bukan sumber masalah Anda.
  5. Keluar dari Firefox dan buka lagi. Periksa apakah Firefox sudah bisa mengakses situs web.
Jika menonaktifkan IPv6 bisa menyelesaikan masalah, Anda dapat melaporkannya pada pembuat router/firewall atau ISP Anda. Jika dengan menonaktifkan IPv6 tidak menyelesaikan masalah, aktifkan lagi pengaturan IPv6 dengan menyetel nilainya menjadi false karena jika tidak, Anda tidak akan dapat mengakses situs web dengan alamat IPv6.
Demikian semoga bermanfaat.

baca juga artikel

Trik atasi website tidak bisa di buka di komputer kita, tapi di komputer orang lain bisa

Share this product :

+ komentar + 1 komentar

17 Desember 2014 pukul 15.55

thanks gan work :D

Posting Komentar

Terima kasih ... coment santunnya...
mau pesan Desain, program pembelajaran, penilaian
dll sms 085725507688 !!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Redesigned :Tukang Toko Online
Copyright © 2011. Bismillah Komputer - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger